Sabtu, 07 Agustus 2010

Konsep Geografi

Contoh konsep geografi

1. Konsep Interaksi dan Interdependensi yaitu saling berpengaruh dan ketergantungan antara gejala di muka bumi. Misalnya: antara desa dan kota
2. Konsep aglomerasi yaitu pemusatan, penimbunan, pengelompokan pada suatu tempat atau kawasan. Misalnya: kawasan industri, pertanian, pemukiman
3. Konsep pola berkaitan dengan persebaran fenomena geosfer dipermukaan bumi. Misalnya: persebaran jenis tanah, flora-fauna, dll.
4. Konsep keterikatan keruangan yaitu keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena alam, tumbuh-yumbuhan maupun sosial. Misalnya: daerah pantai pada umumnya pencahariannya sebagai nelayan karena dekat laut.

Prinsip Geografi

1. Prinsip Penyebaran, yaitu gejala geografi baik tentang alam, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia yang tersebar secara tidak merata.
Contoh: Tembaga terdapat di Irian dan tumbuhan teh tumbuh subur di pegunungan, dan lain-lain.
2. Prinsip Interrelasi, yaitu hubungan yang salingterkait antara gejala yang satu dengan gejala yang lainnya dalam suatu ruang tertentu.
Contoh: Longsor terjadi karena curah hujan yang tinggi dan hutan yang gundul dan tidak adanya sengkedan.
3. Prinsip Korologi, atau (prinsip keruangan), dalam prinsip ini gejala-gejala, fakta-fakta dan masalah geografiditinjau dari penyebaran, interrelasi dan interaksinya dalam suatu kesatuan yang terdapat pada ruang tertentu.
Contoh: Tumbuhan teh hidup subur di dataran tinggi.
4. Prinsip Deskriptif yaitu prinsip untuk memberikan penjelasan atau gambaran lebih jauh tentang gajala-gejala atau masalah yang diselidiki atau dipelajari dengan: diagram, grafik, tabel, gambar maupun peta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar